Hati-hati Ponsel Disadap

Tanda-Tanda Ponsel Anda Disadap


CALIFORNIA – Kasus penyadapan telah berkali-kali terjadi di Indonesia. Dalam dunia intelijen sendiri, penyadapan seolah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Meski begitu, tindakan Australia dan Selandia Baru yang melakukan penyadapan terhadap dua operator besar Indonesia tentunya bukanlah hal yang pantas dilakukan. Baca (Penyadapan via Operator Lebih Mudah)

Sebagaimana dilansir EHow, Selasa (10/3/2015), ponsel menjadi perangkat rentan yang dapat disadap karena hampir selalu digunakan untuk berkomunikasi, baik telefon, SMS, maupun koneksi internet. Segala percakapan pribadi dan informasi penting terbuka lebar untuk dapat dimonitor oleh pihak lain.

Kurangnya pengetahuan pengguna terkait aktivitas ponsel yang dapat dipantau oleh orang lain menjadi celah para mata-mata dalam menyadap ponsel. Demi mencegah hal tersebut, berikut ini beberapa tanda jika ponsel telah disadap pihak lain.

  • Suhu Baterai

Sebuah tanda jika ponsel disadap ialah jika baterai terasa panas, padahal telefon genggam dalam kondisi mati atau sedang tidak banyak digunakan. Hal tersebut dapat mengindikasikan ponsel Anda telah dipakai oleh pelaku penyadapan yang mungkin men-download informasi dari ponsel Anda sementara waktu.

  • Baterai Cepat Habis

Tanda lain bahwa ponsel Anda sedang disadap atau digunakan orang lain ialah daya hidup baterai yang rendah. Baterai yang selalu cepat habis bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda telah disadap karena menggunakan daya tahan baterai lebih dari biasanya.

Ponsel yang baterainya tak bertahan lama itu mungkin digunakan secara terus-menerus oleh siapa pun yang sedang menyadap perangkat lunak telefon genggam untuk merekam percakapan dengan Anda dengan orang lain.

  • Ponsel Tak Mau Dimatikan

Ada dua kemungkinan saat sebuah telefon genggam sulit dimatikan oleh penggunanya. Ini bisa menjadi tanda ponsel Anda telah disadap, tetapi juga bisa menjadi kesalahan dalam perangkat lunaknya. Ponsel yang mengalami gangguan saat dimatikan dapat menjadi tanda seseorang telah menyadap ponsel.

Hal tersebut dikarenakan penyadap akan memiliki kontrol keseluruhan melalui untuk mendengarkan pembicaraan dan menjaga ponsel Anda untuk selalu diaktifkan. Cara mudah untuk mencegah hal tersebut terjadi ialah dengan mencabut baterai segera dari telefon genggam.

  • Ponsel Terlalu Bising

Jika saat sedang melakukan panggilan telefon, pengguna mendengar suara bising yang tidak diketahui dari mana asalnya, itu menjadi tanda bahwa ponsel Anda kemungkinan disadap. Cara yang terbaik ialah segera memutuskan panggilan telefon dan melalukan panggilan ulang atau konfirmasi kepada pihak operator untuk mengetahui penyebabnya.

  • Aktivitas Aneh di Telefon Genggam

Selalu curigai setiap program download yang mungkin tidak pernah dilakukan. Aktivitas downloadtersebut bisa jadi merupakan tanda kemungkinan penyadapan. Teruslah berkomunikasi dengan perusahaan ponsel Anda untuk memastikan ponsel berfungsi dengan baik dan tidak mungkin disadap oleh pihak lain.(amr)

Sumber: Okezone
Previous
Next Post »
Thanks for your comment